Aplikasi Bima Mobile Bank Jateng memudahkan transaksi perbankan, begini cara daftarnya

Foto: Gatot Aribowo

Bayu Meidianto, Kepala seksi SDM dan Umum Bank Jateng Cabang Blora menunjukkan aplikasi di telepon genggam.

Rabu, 15 September 2021 15:12 WIB

BLORA (wartaEKBIS)—Bank Jateng memiliki aplikasi Bima Mobile yang bisa diunduh di play store untuk pengguna android, dan app store untuk pengguna iphone. Aplikasi ini akan memudahkan nasabah Bank Jateng dalam bertransaksi keuangan. Nasabah dapat melakukan transfer kapan saja dan di mana saja, juga dapat beli pulsa maupun bayar pajak bumi dan bangunan setiap saat.

Pembelian pulsa dengan saldo rekening tabungan Bima menggunakan aplikasi ini akan dikenakan biaya admin Rp1.500, selisih Rp500 lebih murah dibanding beli pulsa di konter pulsa. Nominal pulsa yang bisa dibeli mulai dari Rp20.000 hingga Rp1 juta.

Kepala seksi SDM dan Umum Bank Jateng Cabang Blora Bayu Meidianto mengatakan, saat ini memang belum banyak transaksi yang disediakan di aplikasi Bima Mobile.

"Adanya baru isi pulsa dan pembayaran PBB, selain transaksi antar rekening maupun antar bank. Ada juga cardless," katanya.

Cardless adalah transaksi setor dan tarik tunai di mesin ATM tanpa menggunakan kartu ATM. Transaksi ini, yakni tarik atau setor tunai dilakukan melalui aplikasi Bima Mobile sebelum menuju mesin ATM.

Lantas bagaimana cara mendaftarkan aplikasi Bima Mobile yang kita unduh? Tentunya anda harus mengunduh aplikasi tersebut di store masing-masing terlebih dulu. Sesudah itu anda harus ke mesin ATM untuk mendaftar menggunakan nomor seluler anda yang didaftarkan saat anda buka rekening. Anda tidak bisa menggunakan nomor lain kendati aplikasinya ada di telepon genggam nomor lain tersebut. Anda hanya bisa mendaftar dengan nomor yang anda sertakan saat pembukaan rekening tabungan Bima kendati aplikasinya ada di nomor lain.

Untuk menemukan registrasi m-banking, di mesin ATM anda perlu menekan menu lainnya. Setelah masuk di menu registrasi m-banking, anda tinggal mengikuti langkah-langkahnya. Masukkan nomor telepon genggam anda ketika diminta untuk dimasukkan.

Selesai dari mesin ATM, baru anda bisa melakukan registrasi di aplikasi. Klik daftar, lalu: masukkan nomor rekening anda, 4 digit terakhir nomor di kartu ATM anda, dan nomor telepon genggam anda. Setelah itu anda diminta untuk membuat MPIN, yakni PIN saat anda menggunakannya untuk transaksi.

Setelah berhasil mendaftar, silakan nikmati transaksi mudah dari telepon genggam anda.

"Penggunaan aplikasi ini dianjurkan di masa pandemi untuk meminimalisir kerumunan di kantor perbankan yang berpotensi terjadinya virus covid," imbuh Bayu. ***