CSR 2022 tersalurkan Rp1,948 miliar, separo lebih dari Bank Jateng

Foto: wartablora.com

Perwakilan dari Bank Jateng Cabang Blora menerima piagam dari Bupati Blora Arief Rohman.

Rabu, 21 Desember 2022 20:23 WIB

BLORA (wartaEKBIS)—Dana tanggung jawab sosial perusahaan, lazim disebut dengan csr (corporate social responsibility) yang disalurkan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Blora pada tahun 2022 mencapai lebih dari Rp1,948 miliar. Dana csr sejumlah ini disalurkan 9 perusahaan, di antaranya Bank Jateng yang tercatat menyalurkan dana sejumlah Rp1 miliar pada tahun 2022 untuk satu kegiatan.

"Sebetulnya ada 11 perusahaan yang melaporkan telah menyalurkan tsp (tanggung jawab sosial perusahaan). Namun ada 2 perusahaan, yakni PT Exxon Mobile Limited dan PT Pertamina EP Cepu yang belum menyampaikan catatan laporan jumlah nominalnya. Sehingga yang baru tercatat ada 9 perusahaan dengan angka nominal Rp1,9 miliar lebih," kata Krisna Murtiyanto, Sekretaris Forum Pelaksana Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TSP) Kabupaten Blora, saat menyampaikan laporannya dalam rapat koordinasi TSP Kabupaten Blora, Rabu, 21 November 2022, yang dihadiri Bupati Blora Arief Rohman.

Sebelas perusahaan ini antara lain: Bank Jateng yang menyalurkan Rp1 miliar dengan 1 kegiatan, PT Gendhis Multi Manis yang menyalurkan lebih Rp302 juta untuk 38 kegiatan, PT Blora Patra Gas Hulu yang menyalurkan mendekat Rp299 juta dengan 23 kegiatan, PT BPR BKK Blora yang menyalurkan Rp143 juta lebih dengan 38 kegiatan, PT Seger Selaksa Anugerah yang menyalurkan lebih Rp94 juta dengan 5 kegiatan, Perumda BPR Bank Blora Artha yang menyalurkan lebih Rp60 juta untuk 6 kegiatan masyarakat, BPJS Kesehatan yang menyalurkan Rp19,6 juta untuk 2 kegiatan, BPJS Ketenagakerjaan yang menyalurkan Rp19 juta untuk 2 kegiatan, dan PT Pertamina Gas Negara yang menyalurkan Rp10,75 juta untuk 4 kegiatan masyarakat.

"Sementara PT Exxon Mobile Limited melaporkan ada 14 kegiatan yang dibiayari dengan tsp, dan PT Pertamina EP Cepu melaporkan ada 4 kegiatan masyarakat yang dibiayai dari tsp mereka. Namun besaran nominalnya belum dihimpun," papar Krisna.

Ia berharap kedepan akan semakin banyak perusahaan baik yang ada di Blora maupun daerah sekitar yang berkaitan, untuk bisa bergabung dan berkontribusi dalam forum tanggung jawab sosial perusahaan di Kabupaten Blora, sehingga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Blora.

Bupati Blora Arief Rohman dalam rapat koordinasi ini mengatakan, program ketahanan pangan tahun 2023 bisa dijadikan prioritas penyaluran dana csr perusahaan.

“Kami mendorong agar nanti program berkaitan dengan pangan menjadi salah satu program kita, saya mengajak kita lakukan inovasi–inovasi, kita potensi peternakan program 2023 sektor peternakan dan pertanian yang menjadi basis masyarakat kita untuk didampingi, juga saya berharap Baznas dengan CSR nantinya bisa bersinergi dalam memberdayakan masyarakat,” katanya. ***