Penerbangan Halim - Ngloram kembali dibuka

Foto: Prokompim

Penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Blora dengan direksi Maskapai Citilink.

Rabu, 18 Januari 2023 18:02 WIB

BLORA (wartaEKBIS)—Penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta ke Bandara Ngloram di Cepu akan kembali dibuka mulai pekan terakhir Januari 2023. Setelah sempat terhenti setahun lantaran adanya revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma, mulai Jumat, 27 Januari 2023, Citilink akan menerbangkan kembali pesawatnya pulang pergi, Jakarta-Blora, kali ini seminggu dua kali tiap Rabu dan Jumat. Untuk jam keberangkatan, dari Halim jam 10 pagi, dan kembali ke Halim dari Cepu jam 11.50 wib. Lama penerbangan dijadwalkan 90 menit.

Kepastian terbangnya Citilink dari Halim ke Ngloram ditandai dengan nota kesepahaman antara PT Citilink Indonesia dengan Pemerintah Kabupaten Blora tentang Penyediaan layanan jasa penerbangan di Kabupaten Blora, Rabu, 18 Januari 2023. Penandatanganan dilakukan di kantor maskapai tersebut, antara Bupati Blora Arief Rohman dan Direktur Utama PT Citilink Dewa Kadek Rai.

"Kini kami sudah bisa menyiapkan pesawat kembali untuk beroperasi dua kali dalam seminggu," kata Dewa Kadek Rai kepada wartawan usai penandatanganan nota kesepahaman.

Dibukanya penerbangan ini untuk memenuhi permintaan dari masyarakat yang akan ke Blora, begitu juga ada daerah-daerah lain yang akan ke Blora lewat Halim, Citilink akan mempertimbangkan dan mendiskusikan soal jam penerbangannya.

"Market atau pasar dari Cepu, Blora dan kabupaten-kabupaten di sekitarnya cukup besar dan cukup menjanjikan, terlebih di Cepu ada institusi pendidikan migas, lembaga-lembaga dari migas. Tentu terbesar sumurnya ada di seluruh Indonesia ada di Cepu, nah itu yang merupakan pasar utama kita, di samping perjalanan dinas dari kabupaten Blora dan kabupaten-kabupaten sekitarnya yang juga bisa menjadi salah satu market kita," katanya.

Bupati Blora Arief Rohman mengatakan, saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023 di Sentul International Conventions Center, Bogor, Jawa Barat, dalam paparan Menteri Perhubungan salah satunya menyebutkan bandara Ngloram, dan saat itu dirinya di WA Mensesneg kapan kira-kira terbang.

"Saya laporkan akhir bulan ini. Dan akhirnya saya bisik-bisik sama pak Dirut akhir bulan ini terbang, tanggal 27 Januari. Nanti kita undang diaspora Blora dan sekitarnya yang ada di Jakarta bisa ikut terbang ke Blora, " ujar Arief Rohman.

Dikatakan, Pemkab Blora akan membackup keberlangsungan penerbangan Jakarta – Cepu. Pemkab akan inten koordinasi dengan pemkab sekitar, seperti Pemkab Rembang,Tuban, Bojonegoro, dan dengan Pemkab Pati.

"Jadi setelah ini, sebelum penerbangan, saya dan Sekda akan roadshow, Kami juga sudah WA Bupati masing masing agar penerbangan Halim –Ngloram bisa didukung penuh. Dan penumpangnya kita upayakan penuh. "

Setelah penerbangan sejumlah 2 kali seminggu ini, ia berharap bisa ditingkatkan.

"Mimpinya seminggu bisa ada penerbangan tiga kali, yakni Senin, Rabu dan Jumat. Kalau bisa, tentu sangat bagus untuk menggerakkan ekonomi di Cepu Raya. Secara ekonomi nanti akan mampu menggerakkan juga pariwisata dan sektor lainnya," tuturnya.

Peliput: Tim Liputan Prokompim Blora
Editor: Gatot Aribowo

Kerja sama Pemkab Blora dengan wartablora.com
20/03/2024 21:30 WIB

Program Sekolah Sisan Ngaji Kabupaten Blora diluncurkan