Komisi B DPRD Blora desak evaluasi kinerja BUMD

Foto: wartablora.com

Yuyus Waluyo, Ketua Komisi D DPRD Blora.

Kamis, 27 April 2023 19:27 WIB

BLORA (wartablora.com)—Ketua Komisi B DPRD Blora Yuyus Waluyo mendesak pemerintahan Bupati Arief Rohman untuk melakukan evaluasi kinerja BUMD, khususnya Blora Wira Usaha (BWU) yang kinerjanya terus merosot. Hasil evaluasi DPRD Blora, badan usaha milik Pemkab Blora ini dinyatakan merugi. Karenanya Yuyus meminta perlu pengawasan eksternal agar kinerjanya bisa ditingkatkan.

Yuyus mengungkapkan, hasil evaluasi BWU dinyatakan merugi. Beberapa usaha yang dikembangkan seperti bengkel wirausaha tak berkembang. Ia meminta bagian perekonomian melakukan pengawasan eksternal kepada BWU.

“Kami minta untuk berbenah, supaya nanti ada pengawasan dari eksternal dari bidang perekonomian,” terangnya saat dikonfirmasi pada Kamis, 27 April 2023.

Yuyus menjelakan, BWU dalam catatan perjalanan memang perlu menyembuhkan luka terlebih dahulu. Sehingga, tahun ini masih diberi kesempatan untuk tetap ada.

Menurutnya, bebrapa komponen perlu disuntikan seperti penambahan modal. “Masih diberikan kesempatan. Nanti kalau perda penyertaan modal sudah selesai kemingkinan juga dapat suntikan modal,” jelasnya.

Sementara untuk BUMD yang menurutnya sudah cukup baik walaupun juga perlu berbenah, seperti PDAM yang juga masih belum setor dividen, Pihaknya memberikan dorongan karena sudah mulai menunjukan peningkatan. Keuntungan yang didapat untuk menutup lubang hutang kepengurusan sebelumnya. “BPE juga baik,tapi kami minta untuk terus meningkatkan pendapatan,” jelasnya.

Peliput : Tim Liputan wartablora.com