Beri motivasi usaha ke ibu-ibu Desa Nglobo

Pipit beri modal untuk jadi pengusaha sukses

Foto: Gatot Aribowo

Pendamping Usaha Menengah Kecil dan Mikro di Kabupaten Blora, Pipit Samgautama memperkenalkan modal-modal sukses bagi ibu-ibu yang ingin menekuni dunia usaha.

Selasa, 03 Maret 2020 18:35 WIB

MENJADI perempuan yang visioner merupakan modal bagi perempuan yang menginginkan jadi pengusaha sukses. Modal ini bisa dibangun dan dikumpulkan kaum perempuan dalam perannya sebagai istri dan ibu dari anak-anaknya. Modal visioner ini menurut Pipit Samgautama, pendamping Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) di Kabupaten Blora, sangat diperlukan selain modal ketekunan, keterampilan, keuangan, dan keahlian, serta ketangguhan.

"Dengan berpandangan mencetak anak-anaknya menjadi generasi emas, di situlah visi terbangun. Sebab bagi orang tua, tidak akan cukup umur jika hanya berpikir untuk dirinya sendiri. Harus berpikir bagaimana anak-anak kelak saat kita tinggalkan. Inilah yang kita sebut dengan visioner," katanya di hadapan ibu-ibu PKK Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Selasa (3/3/2020), saat menjadi pembicara dalam acara yang diadakan kelompok pemberdayaan kesejehateraan keluarga tersebut.

Selain visioner, ibu-ibu yang ingin menekuni jadi pengusaha perlu menjauhkan diri dari kebiasaan yang tidak membangun bila menginginkan kesuksesan.

"Kebiasaan ibu-ibu yang banyak ngrumpi, harus diganti dengan kebiasaan yang positif. Semisal belajar dari media-media yang di jaman ini mudah didapat dari mengakses internet. Selain mendidik anak sejak dini agar tidak mememiliki kebiasaan membicarakan orang lain, juga memanfaatkan waktu untuk mendapatkan keterampilan baru, dan itu bisa dipelajari dari Youtube," papar istri Sam Gautama Karnajaya, Kepala DPUPR Kabupaten Blora ini.

Tak sekedar visoner dan meninggalkan kebiasaan negatif, bagi Pipit pondasi agama juga sangat penting.

"Bahkan yang utama harus dimiliki sebelum melangkah untuk memulai jadi pengusaha yang sukses," tandasnya.

Baginya, agama adalah ageman, atau pegangan. Tanpa agama, perempuan yang ingin menekuni untuk menjadi pengusaha sukses tidak akan tahan banting.

"Karena ketangguhan juga menjadi modal yang utama bagi perempuan yang ingin jadi pengusaha sukses," sebut Pipit yang saat ini memegang manajemen pemasaran brambang goreng dan teri goreng yang diproduksi pengusaha kecil dari Dukuh Gulingan, Desa Tempurejo, Kecamatan Blora.

Dari ketangguhan, menurut Pipit akan tumbuh ketekunan dengan sendirinya.

"Ini saya terapkan saat mendampingi ibu-ibu dari Desa Nglobo ini yang datang berkunjung di produksi brambang goreng. Saat mereka hendak membuat produk yang sama, saya dengan tegas menolaknya. Saya gali potensi dari mereka. Ternyata punya kebisaan membuat abon. Saya minta untuk memproduksinya, dan tidak sekali jadi. Lalu mereka dengan tekun mengulanginya, dan akhirnya berhasil," imbuh penghobi menyikat kamar mandi ini. ***